Diskominfo Lakukan Monitoring dan Evaluasi Aplikasi Qlue ke Perangkat Daerah Kota Manado

Qlue adalah aplikasi yang dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan peristiwa yang terjadi di Kota Manado, seperti sampah, banjir, jalan rusak, kebakaran, dan lain sebagainya. Melalui aplikasi ini, laporan atau keluhan masyarakat akan direspon oleh Perangkat Daerah (PD) untuk ditindaklanjuti. Namun beberapa PD sudah menindaklanjuti laporan oleh masyarakat tetapi PD tidak dapat merubah status warna di aplikasi Qlue karena beberapa kendala.

Untuk menindak lanjuti hal ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Manado melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi langsung ke PD untuk mendapatkan informasi terkait kendala yang dihadapi sekaligus melakukan pendampingan dan pelatihan kembali kepada staff penindaklanjut laporan yang mengalami kendala secara teknis.

Monitoring adalah suatu proses pengumpulan dan menganalisis informasi dari penerapan suatu program termasuk mengecek secara regular untuk melihat apakah kegiatan/program itu berjalan sesuai rencana sehingga masalah yang ditemui dapat diatasi.

Evaluasi adalah suatu proses dari pengumpulan dan analisis informasi mengenai efektivitas dan dampak suatu program dalam tahap tertentu sebagai bagian atau keseluruhan dan juga mengkaji pencapaian program.

Maksud dan tujuannya dilakukan monitoring dan evaluasi di berbagai PD agar diperolehnya data dan informasi tentang kendala yang dialami oleh masing-masing PD khususnya PD penindaklanjut laporan, dan melakukan pendampingan atau pelatihan kembali kepada setiap PD penindaklanjut yang mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi Qlue.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Aplikasi Qlue dilaksanakan selama 7 hari kerja mulai tanggal 25 Juli 2018-02 Agustus 2018 di beberapa PD seperti Kecamatan Wanea, Kecamatan Malalayang, Kecamatan Sario, Kecamatan Tikala, Kecamatan Wenang, Kecamatan Tuminting, Kecamatan Singkil, Kecamatan Bunaken, Kecamatan Paal Dua, Kecamatan Mapanget, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Tim Pelaksana dalam kegiatan ini yaitu, Heintje N Lombone, Grace F R Wowiling, Ryan Dilo, Michael Mongdong, Julie M Onsu, Smitha Warouw, Angelina M Tania, Yuanita Lembong, Patricia Mantiri, Agitha Marpaung, dan Marike Sengkey.

Setelah melakukan monitoring dan evaluasi aplikasi qlue ke PD terdapat kendala yang terjadi seperti kurangnya akun penindaklanjut laporan, lupa akun penindaklanjut, tidak ada handphone android khusus penanganan aplikasi qlue, dan tidak ada kuota internet. (MO)

  • redaksi
  • 03 Agustus 2018
  • 74 Kali Dilihat