Diskominfo Lakukan Monitoring dan Evaluasi Website Perangkat Daerah Kota Manado

Pemerintah Kota Manado (Pemkot Manado) yang telah memanfaatkan Teknologi Informasi dalam menunjang program-program Pemerintah untuk mewujudkan Visi dan Misi Manado Kota Cerdas mewajibkan setiap Perangkat Daerah (PD) dilingkungan Pemkot Manado untuk memberikan pelayanan dan penyampaian informasi publik yang maksimal. Setiap PD wajib memiliki Website sebagai media penyampaian informasi yang cepat kepada masyarakat, tetapi sampai saat ini website masing-masing PD belum dikelola sesuai dengan tujuan dibuatnya website tersebut.

Untuk menindak lanjuti hal ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Manado melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi langsung ke PD untuk mendapatkan informasi terkait kendala yang dihadapi sekaligus melakukan pendampingan dan pelatihan kembali kepada pengelola website yang mengalami kendala secara teknis.

Monitoring adalah suatu proses pengumpulan dan menganalisis informasi dari penerapan suatu program termasuk mengecek secara regular untuk melihat apakah kegiatan/program itu berjalan sesuai rencana sehingga masalah yang ditemui dapat diatasi.

Evaluasi adalah suatu proses dari pengumpulan dan analisis informasi mengenai efektivitas dan dampak suatu program dalam tahap tertentu sebagai bagian atau keseluruhan dan juga mengkaji pencapaian program.

Maksud dan tujuannya dilakukan monitoring dan evaluasi di berbagai PD agar diperolehnya data dan informasi tentang kendala yang dialami oleh masing-masing PD khususnya pengelolah website (operator), dan melakukan pendampingan atau pelatihan kembali kepada setiap operator web yang mengalami kendala dalam mengelolah web/update konten web.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Website PD dilaksanakan di 16 (Enam belas) PD mulai dari tanggal 10 Juli sampai dengan 31 Juli 2018, diantaranya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Badan Penanggulangan Bencana, Dinas Perindustrian dan perdagangan, Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Lingkungan hidup, Inspektorat, Dinas Sosial, Dinas Pendapatan Daerah, dan Dinas Perhubungan.

Tim pelaksana dalam kegiatan ini yaitu, Heintje N Lombone, Frangky Mocodompis, Grace F R Wowiling, Dennyes Menang, Ronald Paath, Alex Makasighe, Zulharmans Korompot, Grandy Pontoh, Timoty Kembau, dan Alfan Rengkung.

Setelah melakukan monitoring dan evaluasi website PD ternyata ada kendala yang terjadi seperti kendala teknis sampai pada kendala infrastruktur jaringan dan perangkat komputer di beberapa PD. Kendala lain adalah kekurangan personil yang kompeten untuk mengelolah website sehingga tujuan dibuatnya website PD belum tercapai. (MO)

  • redaksi
  • 01 Agustus 2018
  • 87 Kali Dilihat