Workshop PPID Dinas Kominfo Kota Manado

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado menggelar Workshop Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) serta Sosialisasi Surat Keputusan Wali Kota Manado no 180/Kep/D.09/ Kominfo/2019 Tentang Pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Kamis (12/9/2019) bertempat di Ruang Taor Lumimuut Pemkot Manado

Mewakili Walikota Manado, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan , Nora Lumentut membuka kegiatan workshop tersebut dan dihadiri oleh perwakilan Perangkat Daerah, Camat, para ASN eselon 3 dan 4.


Nora Lumentut dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini sudah masuk dalam era keterbukaan informasi publik, hal ini pun telah diatur dalam aturan undang-undang maupun peraturan pemerintah. Dalam kegiatan ini diharapkan para peserta bisa memilah-milah informasi, mana yang boleh di publikasikan dan mana yang tak bisa dipublikasikan. Keterbukaan informasi disaat ini sudah mutlak. Dan itu diatur dalam undang-undang dan Peraturan Pemerintah. Kita harus mampu memilah mana informasi yang bisa menjadi konsumsi publik, dan mana yang tak bisa diekspos. Semuanya diatur dalam UU no 14 tahun tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Sebagai narasumber, Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Sulut Andre Mongdong dan Kepala Dinas Kominfo Erwin Kontu yang diwakili oleh Kepala Bidang Aptika Heintje Lombone


Ketua KIP Sulut Andre Mongdong SPd, memberikan materi mengenai tugas dan tanggung jawab pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID), dan dilanjutakan materi informasi pelayanan publik untuk menuju Manado Kota Cerdas oleh Kepala Bidang Aptika Diskominfo Manado Heintje Lombone.

Turut hadir juga Kepala Dinas Kominfo Manado, Erwin Kontu yang turut memberi tanggapan mengenai kegiatan ini dilakukan yaitu, Pertama, dengan adanya PPID akan membantu dalam memberikan informasi yang akurat, kedua, masyarakat dalam mencari informasi lebih dipermudah, dan Ketiga, amanat undang-undang no 14 tahun 2008 tentang KIP terlaksana, PPID ini merupakan bagian dari keterbukaan Pemerintah terhadap warganya.


  • admweb
  • 12 September 2019
  • 27 Kali Dilihat