Masuk Kategori Kota Cerdas, Pemkot Manado Dikunjungi Tim RKCI

Super Administrator    16 Agustus 2017    25 Kali Dibaca

Bertempat di Ruang Cerdas Command Center (C3) kantor Walikota Manado, Senin (14/8/2017), WaliKota Manado, G. S. Vicky Lumentut dan Wakil WaliKota Manado Mor Dominus Bastiaan didampingi Plt Sekretaris Daerah Kota Manado H. Rum Usulu beserta Kepala Dinas Kominfo Erwin Kontu, menerima kunjungan dari tim penilai Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) tahun 2017 yang juga diikuti Kota Manado.

Pasalnya, sekitar 93 kota seluruh Indonesia yang dinilai dan diseleksi sehingga tersisa 30 kota, salah satunya Kota Manado yang disambangi Tim Penilai dari ITB. Tim yang berkunjung mendapat sambutan positif dari pemerintah Kota Manado.

“Saya sangat mengapresiasi kepada RKCI yang melakukan pengukuran Kinerja pengelolaan Kota, khususnya kota Manado yang dianggap mampu lolos menjadi 30 besar. Karena dengan adanya RKCI yang mengenalkan ukuran kematangan kota Cerdas, menjadi pedoman kita dalam membangun layanan Kota Manado dan evaluasi berkelanjutan.” ujar Walikota

Lanjut, WaliKota menjelaskan gambaran umum program Smart City di Kota Manado kepada tim Penilai, dimana Manado sedang berbenah melakukan pengembangan, inovasi dalam berbagai aplikasi yang terangkum di 9 Smart Solution yaitu Qlue Manado, e-gol l, TauPang, si Tasya, lapor Manado, RICCA, si Gita, Kanal Resmi Pemerintah Kota Manado, dan Radio Komunikasi Gagak, ulas Walikota.

Sementara itu, menurut Wakil Walikota Manado smart city lewat C3 bertujuan untuk menyikapi permasalahan kota karena tujuan membangun Kota cerdas agar warga masyarakat Manado bisa hidup nyaman, bahagia, sejahtera lewat tata kelola Command center dan aplikasi didalamnya.

 

“Siap-siap Ada 13 Perangkat Daerah yang menjadi objek kunjungan Lapangan dari Tim Penilai,” kata Wawali

Wakil Walikota juga menambahkan bahwa dirinya berharap agar Kota Manado sebagai smart city dapat menjadi contoh dan acuan kota-kota lain dalam implementasi Cerdas Command Center.